Menulis itu sulit?

 Menulis itu sulit.. 

Terkadang saya itu merasa heran dengan diri sendiri, dari SD hingga kuliah paling tidak suka pelajaran bahasa indonesia beda dengan pelajaran berhitung atau pelajaran yang cukup dengan penalaran sederhana sudah paham seperti matematika dan fisika. Sudah ganti guru, ganti level kelas pun sama bahasa indonesia selalu terasa sangat membebani dengan semua materi mengarang, menulis dan hafalan yang membosankan. Dari semua materi pelajaran bahasa indonesia mengarang dan menulis adalah salah satu materi yang selalu sukses membuatku sakit perut dan berkeringat dingin di dalam kelas. Apalagi jika harus menyelasaikan tugas mengarang & menulis yang diawal sudah diberi target target tertentu, seperti harus tema ini, harus sekian paragraf dan sekian ratus kata.

Ketidaksukaan ini sebenarnya terasa aneh karena bahasa indosesia hampir 50% dipakai sebagai bahasa sehari-hari selain bahasa jawa. Keanehan yang lama-lama menjadi hal biasa karena belum menemukan kendala berarti dalam aktifitas sehari-hari apalagi selepas lulus SMK (pada waktu itu STM) saya menikah dan menjalani aktifitas sebagai ibu rumah tangga full. Hingga pada suatu titik momentum saya memutuskan melanjutkan kuliah dikampus deket rumah. Ambil D3 saja yang menurut saya pendek waktunya lulusnya dan tidak terlalu banyak teorinya. Nah ketidaksukaan saya terhadap mengarang dan menulis terasa sekali ketika menyelesaikan tugas-tugas kuliah seperti paper, makalah, proposal. Karena keluwesan saya dalam bergaul baik dengan temen kuliah D3 saya selesai hanya dalam waktu 5 semester dengan IPK sangat baik tetapi tidak bisa dapat 4 karena mata kuliah bahasa indonesia hanya dapat B dimana semua mata kuliah lainnya saya dapat A. Selepas kuliah D3 saya punya kesempatan melanjutkan kuliah (transfer) SI yang linier dengan D3 sebelumnya. Dan lagi lagi saya lulus dengan nilai sangat baik hanya di mata kuliah yang ada materi membuat makalah bertele-tele penuh teori nilainya hanya dapat B. Dengan nilai yang baik dan hasil test kecerdasan yang baik saya langsung mendapat pekerjaan yang sangat baik. Dengan berjalannya waktu didalam pekerjaan saya ini ternyata kemampuan menulis tetap saja dibutuhkan dan sangat membantu dalam membangun kualitas personal sebagai karyawan. Dari jaman kuliah hingga bekerja saya terbiasa presentasi dengan sangat sedikit tulisan dan materi yang tertulis, tetapi sangat menguasai materi yang berkaitan tanpa harus menulisnya panjang lebar. Di beberapa kesempatan saya banyak mendapat komentar dari teman kuliah, teman kerja atau kolega bahwa kemampuan saya menjabarkan persoalan sangat baik, mudah di nalar sayangnya jarang tertulis secara rinci di beberapa materi makalah presentasi tugas kuliah mauapun terkait dengan pekerjaan. Di point ini saya bertekad untuk belajar lagi mengasah kemampuan menulis informasi, menuangkan ide dan gagasan sekiranya bisa bermanfaat untuk orang lain apapun nanti yang akan saya tulis.

Seiring perkembangan jaman sosial media menjadi hal yang tidak terpisahkan lagi dalam kehidupan. Awalnya saya mengenal media sosial ya sebagai alat untuk terhubung lagi dengan teman, saudara yang sempat hilang kontaknya. Selanjutnya media sosial juga menjadi alat untuk mencari dan mendapatkan banyak hal yang bermanfaat. Dengan berbagai pertimbangan dan dilatarbelakangi berbagai persoalan di media sosial saya lebih nyaman menunjukan sisi kehidupan sebagai perempuan yang hidup didesa dengan segala keanekaragaman hayatinya. Media sosial pertama yang saya kenal adalah facebook, mulai dari postingan yang narsis berangsur beralih ke postingan yang sedikit mengandung informasi yang bermanfaat untuk orang lain. Di kesempatan lain saya mengenal blog juga media yang baik untuk mengasah kemampuan menulis dan berbagi informasi apapun yang bermanfaat. Walaupun menulis di anggap sesuatu yang sulit ternyata sebenarnya diberbagai kesempatan yang lampau saya sudah terbiasa menulis dengan latar belakang yang berbeda-beda. Jika ada kesempatan tentunya saya akan belajar untuk menulis dengan lebih baik  lagi agar mudah dicerna pembacanya.



Komentar

Postingan Populer