Golak ; Makanan Khas Daerah Kebumen


Singkong adalah salah satu hasil pertanian yang cukup melimpah di Kebumen, sayangnya daya simpan singkong mentah sangat pendek. Biasanya beberapa petani mengeringkan singkong dengan cara dijemur di bawah sinar matahari menjadi krekel atau gaplek. Krekel ini bisa disimpan beberapa lama sebagai stok bahan pangan sendiri atau dijual. 

Secara turun temurun banyak kemudian orang yang mengolah krekel ini menjadi tepung yang selanjutnya diolah lagi menjadi berbagai kudapan lezat. Salah satunya adalah golak olahan tepung krekel yang dibumbui gurih dan digoreng. Tiga puluh tahun lalu golak masih sangat populer sebagai jajanan yang disajikan sebagai kudapan teman minum teh atau kopi. Di berbagai tempat mudah ditemukan orang yang menjual golak ini. 

Beberapa waktu belakangan ini jajanan tradisional ini mulai berkurang peminatnya, yang berimbas semakin sulit menemukan golak hanya dibeberapa pasar tradisional bisa menemukan jajanan ini. 

Padahal saya pribadi sangat menyukai produk kuliner yang rasanya otentik dan tradisional. Setiap ke pasar tradisional pasti berburu jajanan golak atau jika ada kesempatan biasanya membuat sendiri golak.

Sangat sayang kalau makanan tradisional tidak dikenal lagi oleh anak cucu kita kelak. Yuk cintai dan lestarikan kekayaan kuliner daerah sebagai bagian dari budaya kuliner Indonesia.

Next insyaallah saya akan membagi resep golak yang gurih ini. 

Komentar

Postingan Populer